Beranda | Artikel
Waktu Shalat Isya
Senin, 4 Oktober 2021

Bersama Pemateri :
Ustadz Musyaffa Ad-Dariny

Waktu Shalat Isya’ ini merupakan bagian dari kajian Islam ilmiah Kitab Shahihu Fiqhis Sunnah wa Adillatuhu yang disampaikan oleh Ustadz Dr. Musyaffa Ad-Dariny, M.A. Hafidzahullah. Kajian ini disampaikan pada Senin, 27 Safar 1443 H / 04 Oktober 2021 M.

Download kajian sebelumnya: Shalat Ashar Diawal Waktu

Kajian Tentang Waktu Shalat Isya’

Isya’ dalam bahasa Arab adalah nama yang digunakan untuk menyebut gelap malam yang pertama dari maghrib sampai gelap sekali. Makanya shalat maghrib dijaman dahulu juga disebut sebagai shalat isya’. Adapun untuk shalat isya’ sendiri disebut sebagai العشاء الآخرة (isya’ yang akhir).

Shalat isya’ juga disebut sebagai al-‘Atamah (Arab: العتمة). Namun nama ini ada yang mengatakan makruh, ada yang mengatakan khilaful aula (sesuatu yang sebaiknya ditinggalkan tapi derajatnya masih lebih ringan daripada makruh). Hal ini karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam mengatakan:

لَا تَغْلِبَنَّكُمْ الْأَعْرَابُ عَلَى اسْمِ صَلَاتِكُمْ أَلَا إِنَّهَا الْعِشَاءُ

“Jangan sampai orang-orang badui itu mengalahkan kalian dalam menyebut shalat kalian ini, ingat-ingatlah bahwa sesungguhnya shalat ini adalah shalat isya’.” (HR. Ahmad)

Namun yang lebih kuat adalah pendapat yang mengatakan bahwa menyebut shalat isya’ dengan nama ‘atamah itu khilaful aula. Karena Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebutnya.  Sebagaimana dalam hadits:

ولو يَعْلَمُونَ ما في العَتَمَةِ والصُّبْحِ لَأَتَوْهُما ولو حَبْوًا

“Seandainya mereka (orang-orang munafik) tahu keutamaan yang ada pada shalat isya’ dan shalat subuh, maka mereka akan benar-benar mendatangi kedua shalat itu walaupun dalam keadaan merangkak.” (HR. Bukhari)

Di sini Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam menyebut shalat isya’ dengan sebutan ‘atamah.

Dari sini kita bisa menyimpulkan bahwa shalat isya’ itu punya tiga nama; yaitu shalat isya’, al-isya’ al-akhirah, ‘atamah. Namun nama yang terakhir sebaiknya ditinggalkan.

Waktu shalat isya’

Para ulama telah berijma’ bahwa shalat isya’ itu masuk dengan hilangnya asy-syafaq. Ada yang mengatakan bahwa asy-syafaq adalah awan merah, ada juga yang mengatakan awan putih. Awan putih itu datangnya setelah awan merah.

Mayoritas ulama mengatakan bahwa masuknya waktu isya’ itu dengan hilangnya awan merah. Hal ini karena Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam dahulu shalat isya’ ketika awan merah hilang.

Kapan waktu isya’ berakhir? Simak pada menit ke-17:29

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download mp3 kajian yang penuh manfaat ini.

Download mp3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/50802-waktu-shalat-isya/